Toyota Avanza Mobil Terlaris Di Kelas Low MPV

Toyota Avanza kembali takluk dari Honda Brio dalam perebutan takhta mobil terlaris di Indonesia. Sampai pertengahan tahun ini, Honda Brio menjadi mobil paling laris di Indonesia, sedangkan Toyota Avanza mengisi posisi kedua. Meski begitu, Toyota Avanza masih menjadi movil paling laris di kelas low MPV. Di kelasnya, penjualan Toyota Avanza terpaut cukup jauh dibandingkan kompetitor-kompetitornya.

 

Berdasarkan data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Toyota Avanza Sepanjang semester I tahun tercatat sebanyak 26.590 unit kendaraan. Angka itu sekaligus menjadi penjualan low MPV terbanyak pada periode Januari-Juni dibandingkan mobil low MPV lainnya.

Dalam daftar low MPV terlaris periode Januari-Juni , di posisi kedua di bawah Toyota Avanza adalah Mitsubishi Xpander. Penjualan Mitsubishi Xpander juga menyentuh dua digit, tapi selisihnya masih terpaut jauh dari Avanza. Sepanjang semester I , Mitsubishi Xpander terjual sebanyak 13.236 unit.

Selain Avanza dan Xpander, penjualan low MPV lain tak menyentuh angka 10 ribu unit. Di posisi ketiga adalah Suzuki Ertiga. MPV andalan Suzuki tersebut mencatatkan penjualan sebanyak 6.468 unit pada Januari-Juni.

Di bawah Suzuki Ertiga adalah Daihatsu Xenia. Kembaran Toyota Avanza tersebut terjual sebanyak 5.143 unit pada Januari-Juni dan menempati posisi keempat low MPV terlaris semester I.

Wuling Confero S merangsek ke lima besar low MPV terlaris di Indonesia. Wuling Confero S berhasil menyalip penjualan Honda Mobilio dan Nissan Livina. Pada periode Januari sampai Juni, Wuling Confero S terjual sebanyak 4.603 unit.

Sementara Honda Mobilio menempati urutan keenam dengan penjualan sebanyak 3.325 unit. Terakhir adalah Nissan Livina dengan angka penjualan 261 unit selama enam bulan pertama tahun.

Berikut data penjualan wholesales tujuh mobil low MPV yang dijual di Indonesia sepanjang Januari-Juni:

1. Toyota Avanza: 26.590 unit
2. Mitsubishi Xpander (tanpa Xpander Cross): 13.236 unit
3. Suzuki Ertiga: 6.468 unit
4. Daihatsu Xenia: 5.143 unit
5. Wuling Confero S: 4.603 unit
6. Honda Mobilio: 3.325 unit
7. Nissan Livina: 261 unit.