Electric Brands XBUS, Mobil Listrik Kecil Dengan Konsep Modular

Perusahaan asal Jerman, Electric Brands, siap memasarkan produk mobil listrik terbaru mereka, XBUS. Mobil listrik mungil tersebut mengusung konsep modular dan akan dijual dengan kisaran harga mulai € 18.070 atau setara Rp 308 juta.

 

XBUS merupakan kendaraan listrik ringan dengan bodi modular yang dapat dikonfigurasi menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Mobil ini memiliki ukuran panjang 3.640 mm x lebar 1.600 mm x tinggi 1.940 mm. Mengingat ukurannya yang kecil, muatan XBUS dibatasi hingga 450-600 kg untuk mengangkut barang. Mobil listrik modular ini bisa menampung kapasitas hingga empat penumpang.

Fitur unggulan dari mobil listrik XBUS apalagi kalau bukan desain modularnya. XBUS memiliki 10 bagian bodi modular, yang dapat diubah menjadi berbagai konfigurasi mobil, seperti mobil van penumpang, pikap, pikap wagon, konvertibel, hingga campervan. Menariknya lagi, XBUS hadir dengan spesifikasi off-road dengan penggunaan ban all-terrain (AT) dan ground clearance lebih tinggi, dipadu penggerak all-wheel drive.

Bagian interior mobil ini bernuansa sederhana, dengan dasbor minimalis dikombinasi headunit layar sentuh, dua slot USB speaker, dan juga tombol-tombol untuk pengaturan transmisi.

XBUS hadir dengan baterai standar 10 kWh, yang memungkinkan mobil ini menjangkau jarak 200 km (124 mil). Namun, jika itu tidak cukup, konsumen bisa meng-upgrade baterainya ke kapasitas 30 kWh, yang bisa meningkatkan jangkauan jarak tempuh hingga 600 km (373 mil).

Mobil listrik ini menggunakan penggerak empat roda, yang menghasilkan gabungan tenaga 20 hp (15 kW/20 PS) daya tenaga puncak 75 hp (56 kW/76 PS). Sementara untuk torsinya, mencapai lebih dari 1.000 Nm (738 lb-ft).